Senin, 06 Januari 2014

Glossary


A

Laporan jumlah tenaga kerja dari sektor non-pertanian Amerika Serikat yang disurvei oleh lembaga swasta ADP
Harga jual sebuah mata uang. Trader dapat membeli mata uang acuan pada level harga tersebut.
Austerity mengacu pada upaya pemotongan biaya belanja guna mengurangi jumlah defisit. Program pemangkasan lazimnya meliputi pemotongan upah dan kenaikan pajak, yang dilakukan pemerintah untuk meyakinkan kreditur bahwa pinjaman akan bisa terbayar.

B


Selisih antara jumlah pemasukan impor dan ekspor suatu negara pada periode tertentu.
Sebuah jenis grafik yang digunakan pada pasar keuangan. Bar chart memiliki 4 titik utama: level high dan low yang membentuk batang vertikal. Harga pembukaan terletak di sisi kiri batang dan harga penutupan berada di sisi kanan.
Mata uang yang disebut pertama kali pada sebuah pasangan valuta. Mata uang tersebut menjadi acuan perbandingan nilai antara valuta pertama dan ke dua.
Istilah yang digunakan di Inggris untuk mengartikan suku bunga yang dikenakan oleh bank kepada pihak peminjam. Peminjam dengan kualitas bagus akan membayar lebih rendah dibanding bunga acuan.
Menambah atau mengurangi kemungkinan gerakan kecil dalam perdagangan kontrak harga ukuran. Juga dikenal sebagai Minimum Price Fluktuation, Point, tic.
Pihak yang percaya bahwa harga atau pasar akan menurun.
Situasi pasar yang mengalami penurunan harga, dengan menunjukkan tren penurunan. Trend didasarkan pada penurunan dalam jangka panjang (bulan atau tahun). Juga dikenal sebagai Bearish
Ringkasan kondisi ekonomi di berbagai wilayah Amerika Serikat (AS) yang ditujukan untuk Dewan Bank Sentral. Setiap bank sentral cabang mengumpulkan informasi tentang kondisi ekonomi di distrik masing-masing. Informasi didapat dari hasil wawancara direktur bank sentral dengan pebisnis besar, ekonom, pakar dan sumber lain. Beige book meringkas informasi berdasarkan distrik dan sektor. Laporan ini memberi pencerahan bagi khalayak tentang apa yang dihadapi the Fed menjelang pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC).
Menyatakan bahwa harga tertinggi (diinginkan) oleh pembeli pada waktu dan menyatakan bahwa harga terendah (ditawarkan) oleh penjual catatan pada waktu yang sama.
Harga beli suatu mata uang di pasar.
BIS adalah singkatan dari Bank of International Settlement. BIS bertugas mengawasi aktifitas serta memajukan kerjasama antar bank sentral guna membangun pasar yang lebih efisien. Tujuan utama BIS ada dua, yaitu mengatur kecukupan modal dan melaksanakan transparansi persyaratan cadangan.
Pergerakan harga melampaui support atau resistance tertentu. Biasanya diikuti oleh kenaikan volatilitas dan volume yang besar.
Seorang agen yang pembelian dan / atau melakukan penjualan pada pesanan pelanggan dan menerima komisi atau biaya pada pelaksanaan itu. Perantara antara pembeli dan penjual.
Seseorang yang percaya bahwa harga akan naik atau pasar.
Laporan total angka penjualan dan inventaris pada sektor manufaktur, perkulakan dan ritel Amerika Serikat.

C


Pasar tempat transaksi kontrak options atau futures.
Institusi negara yang berperan menentukan kebijakan moneter. Bank sentral berperan besar dalam pasar mata uang karena memiliki pengaruh langsung terhadap suplai uang. Bank sentral juga bisa berpartisipasi di pasar valas dengan menjual dan membeli aset valuta supaya tidak kurs mata uang domestik lebih terkendali.
Indikator yang digunakan dalam analisa teknikal, di antaranya: Bollinger Bands MACD (Moving Average Convergence Divergence) Parabolic SAR Stochastics RSI (Relative Strength Index) Moving Average RSI(SMA) RSI(EMI) Momentum MC Volume ADX OBV MFI Williams % Range ROC Volatility Standard Deviation – Deviasi Standar Trend Line Elliott Wave
Dana yang sedang tersedia dan bisa digunakan.
Suatu prosedur dalam penyelesaian kontrak yang ada dalam stok, melalui organisasi kliring yang berperan sebagai pembeli untuk penjual dan pembeli untuk mengukur penjuak kontrak.
Harga resmi yang ditetapkan oleh bursa pada penutupan perdagangan setiap hari dan digunakan sebagai penyebut untuk penyelesaian hari keuangan dan perdagangan adalah harga batas sebagai hari-hari yang akan datang. Juga dikenal sebagai Harga Penyelesaian.
Sesuatu yang bernilai riil dan dipergunakan sebagai jaminan suatu pinjaman.
Basis biaya yang dibebankan pada pelanggan dengan broker untuk transaksi pembelian atau penjualan. Komisi dapat nomor tertentu atau presentase.
Lembaga pemerintah Amerika Serikat (AS) yang didirikan tahun 1974 guna mengawasi futures komoditas dan pasar options. Kepemimpinan CFTC dipegang oleh lima komisaris yang dipilih oleh presiden AS dan berbasis di Washington. CFTC memiliki misi untuk melindungi pasar dari praktik penipuan, manipulasi dan cara ilegal terkait dengan futures komoditas dan perdagangan options. Dengan demikian, integritas pasar futures AS tetap terjaga karena segala informasi disebarluaskan secara transparan. Bursa yang diawasi oleh CFTC adalah: Chicago Board Options Exchange Chicago Board of Trade Chicago Mercantile Exchange HedgeStreet U.S. Futures Exchange Kansas City Board of Trade Minneapolis Grain Exchange New York Mercantile Exchange New York Board of Trade OneChicago
Indeks yang berisi kumpulan komoditas yang sensitif (terhadap tren konsumsi warga) dan didesain untuk mengukur pergerakan umum di pasar komoditas Amerika Serikat. Indeks ini terdiri dari: Lemak dan Minyak: minyak kedelai, mentega dan lemak. Tekstil dan serat: pakaian, kain goni, wol dan katun. Pangan: gula, kakao, cocoa, gandum Kansas City, daging sapi, jagung,gandum, gandum Minneapolis. Logam: timah, tembaga, baja, seng.
Kondisi ketiadaan tren pada suatu rentang pergerakan tertentu. Biasanya terjadi setelah periode uptrend atau downtrend dan bisa dilihat sebagai bentuk ketidakpastian. Masa konsolidasi segera berakhir saat harga menembus garis support atau resisten.
Indeks hasil survei terhadap 5,000 konsumen untuk mengetahui pendapat mereka tentang situasi ekonomi dan pola belanja masing-masing. Lebih jauh, mereka juga ditanya soal kepercayaan untuk membeli barang mahal. Laporan tersebut kemudian dibagi ke dalam dua bagian, yakni apa yang sedang dirasakan konsumen saat ini dan ekspektasi mereka untuk beberapa bulan ke depan.
Indeks yang mengukur perubahan harga sekelompok barang dan jasa yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti sandang, pangan, papan, energi, transportasi, layanan kesehatan, rekreasi dan pendidikan. CPI juga lazim dikenal sebagai indeks biaya hidup.
Laporan yang dibuat oleh Pusat Survei Konsumen Universitas Michigan guna mengukur optimisme konsumen terhadap perekonomian Amerika Serikat (AS). Survei dilakukan terhadap 500 rumah tangga untuk memantau kondisi keuangan dan perilaku belanja warga negara.
Penurunan harga.
Nilai kredit sebuah negara, sektor bisnis maupun individu. Dibuat berdasarkan evaluasi terhadap sejarah kredit dan kemampuan untuk membayar beban hutang sebagaimana diperhitungkan dari nilai aset dan besaran hutang terkini.
Peluang gagal bayar hutang suatu pihak
Jumlah volume minyak mentah, bahan bakar dan penyulingan suatu negara pada periode tertentu. Untuk Amerika Serikat biasa dirilis tiap hari Selasa (API) dan Rabu (EIA).
Segala bentuk uang yang diterbitkan oleh pemerintah untuk digunakan sebagai alat transaksi.
Sekelompok mata uang pilihan yang bobot rata-ratanya digunakan untuk mengukur nilai atau jumlah obligasi. Currency basket berfungsi sebagai tolok ukur pergerakan mata uang regional.
Dampak dari nilai tukar riil suatu mata uang.
Peluang terjadinya efek negatif dari nilai tukar suatu mata uang.
Laporan yang memaparkan pembayaran suatu negara terkait dengan Balance of Payments (BOP), Capital Account dan Financial Account. Pada dasarnya, Current Account Balance adalah cara pengukuran paling luas dari arus modal, barang dan jasa internasional, baik dari dalam maupun ke luar negeri.

D

Grafik yang menunjukkan pergerakan suatu produk investasi pada satu hari tertentu.
Seseorang atau individu yang akan memulai dan mengakhiri (offset) transaksi dalam satu sesi perdagangan untuk membuat keuntungan yang cepat di pasar. Juga dikenal sebagai calo.
Individu atau perusahaan yang berperan sebagai pihak utama dalam pembelian maupun penjualan suatu produk. Karakteristik dealer berbeda dengan broker, yang mengelola dana atas nama nasabah. Dealer bertanggungjawab dalam pengelolaan resiko dan kinerja akunnya sendiri.
Kelalaian dalam melakukan kontrak ukuran yang ditentukan dalam peraturan bursa, seperti lalai dalam memenuhi permintaan margin.
Situasi ketika jumlah beban melampaui nilai aset, pendapatan melampaui pemasukan impor melampaui ekspor atau kerugian lebih besar dibanding laba.
Penurunan harga sekelompok komponen utama barang dan jasa pada suatu wilayah. Deflasi adalah lawan arti dari inflasi. Ketika angka inflasi tahunan berbalik negatif, maka deflasi terpicu. Pengurangan suplai uang dan/atau pinjaman biasanya menjadi penyebab deflasi.
Pengiriman dan penerimaan barang fisik atau dokumen yang ditetapkan sebagai alat pengiriman yang meliputi jumlah dan jenis komoditi kontrak untuk menyelesaikan ukuran kedewasaan.
Tanggal pengiriman barang dilakukan sesuai ketentuan pada kontrak.
Resesi perekonomian dalam skala lebih besar dan jangka waktu lebih lama. Apabila resesi pada umumnya terjadi selama satu tahun, maka depresi memakan waktu beberapa tahun. Beberapa pendapat memandang depresi terjadi saat Produk Domestic Bruto (GDP) riil turun lebih dari 10%.
Penurunan nilai tukar suatu mata uang akibat perubahan ekonomi.
Kontrak keuangan yang nilainya tergantung pada pergerakan harga komoditas dan properti.
Penurunan nilai tukar mata uang secara sengaja karena kebijakan pemerintah
Gaya bahasa yang menggambarkan cara pandang atau proyeksi tidak agresif terhadap peristiwa ekonomi tertentu. Istilah ini lazim digunakan ketika pejabat bank sentral lebih memilih untuk pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja dibanding pengetatan suku bunga. Lawan arti dari Dovish adalah Hawkish.
Tolok ukur kunci dari aktifitas manufaktur di masa mendatang. Perhitungannya mencakup volume mata uang dollar pada transaksi pesanan, pengiriman dan pesanan barang-barang tahan lama yang tidak terpenuhi. Durable goods sendiri diartikan sebagai barang baru atau bekas pakai dengan daya tahan pemakaian sampai tiga tahun atau lebih.

E

Penurunan kurs mata uang domestik karena kebijakan moneter yang longgar yang dibuat oleh bank sentral.
Aktifitas pengiriman segala bentuk barang, komoditas atau jasa ke luar negeri sesuai kesepakatan dalam perjanjian jual beli.
Laporan yang menunjukkan perubahan pada sektor lapangan kerja pada bulan sebelumnya. Pada laporan tersebut bisa dilihat jumlah warga yang kehilangan maupun mendapat pekerjaan. Angka negatif menunjukkan jumlah orang yang kehilangan pekerjaan lebih banyak dibanding orang yang mendapat pekerjaan. Sementara angka positif menunjukkan sebaliknya. Laporan tenaga kerja sangat penting karena memiliki kaitan erat dengan pengeluaran konsumen. Pertumbuhan tenaga kerja yang baik menggambarkan pertumbuhan ekonomi yang baik pula.
Laporan dari sektor tenaga kerja yang dirilis setiap bulan, seperti Unemployment rate, Average Hourly Earnings dan the Non Farm Payrolls. Data Non Farm Payrolls adalah yang memiliki dampak besar terhadap pergerakan di pasar forex
Satuan mata uang 17 negara Eropa (kode:EUR)
Sebutan bagi 17 negara Eropa pengguna mata uang tunggal euro. Negara-negara tersebut adalah: Austria, Belgia, Prancis, Finlandia, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Luxemburg, Belanda, Portugal, Slovenia, Spanyol, Siprus, Malta, Slovakia, dan Estonia. Valuta euro resmi dipergunakan tanggal 1 Januari 1999 pada wilayah 13 negara pelopor. Tujuan utama dari penggabungan mata uang adalah untuk membentuk stabilitas nilai tukar dan perekonomian super power. Estonia menjadi negara terakhir yang bergabung dalam komunitas pengguna euro pada 1 Januari 2011. Dengan demikian, eurozone mewakili 329 juta warga di wilayah Eropa.
Bank sentral kawasan pengguna mata uang tunggal euro yang terdiri dari 16 negara Eropa. Tugas utama bagi ECB adalah menjaga daya beli valuta euro dan stabilitas harga di seluruh negara penggunanya. Didirikan pada 1 Juni 1998, kantor ECB berpusat di Frankfurt, Jerman. Pemegang kebijakan salah satu bank sentral terpenting dunia ini adalah Dewan Direktur dan Dewan Gubernur. Adapun pucuk pimpinan tertinggi dipegang oleh seorang kepala (president). Anggota Dewan Gubernur adalah perwakilan dari sentral bank lokal yang tergabung dalam European System of Central Banks (ESCB). Fungsi utama ECB juga meliputi pengendalian tingkat inflasi agar tetap dalam kisaran 2%. Di samping itu, ECB bertugas mendukung segala kebijakan ekonomi yang dibuat oleh pemerintah Uni Eropa. Sesuai amanat Treaty of Rome, bank sentral juga bertanggungjawab mengawasi pergerakan valuta asing, bekerjasama dengan pejabat negara anggota yang mengawasi cadangan devisa dan mempromosikan sistem pembayaran yang baik.
European Financial Stability Facility (EFSF) didirikan oleh 27 anggota Uni Eropa (EU) untuk mempromosikan stabilitas keuangan. EFSF bertugas memberi bantuan finansial bagi anggota eurozone yang memiliki masalah ekonomi.
Suatu badan ekonomi gabungan dari negara anggota Uni Eropa pengguna valuta euro.
Tempat transaksi komoditas, saham dan futures diselenggarakan.
Resiko nilai tukar - Peluang kerugian akibat pergerakan nilai tukar mata uang secara berlawanan.
Laporan angka penjualan rumah tangan ke-dua (sudah pernah ditempati sebelumnya) yang dirilis setiap bulan.

F

Laporan yang dirilis oleh Biro Sensus Amerika Serikat mengenai jumlah pesanan bagi produk pabrik-pabrik. Komponen laporan factory orders terbagi dua, yakni laporan durable goods (barang tahan lama) dan non-durable goods (barang tidak tahan lama).
Sebutan umum bagi The Federal Reserve of the United States (Bank Sentral Amerika Serikat).
Bank sentral Amerika Serikat (AS) yang bertanggung jawab memonitor dan melindungi suplai mata uang domestik. Didirikan pada tahun 1913, the Fed menaungi dewan gubernur dari 12 bank regional dan beberapa lembaga keuangan terkait.
Kemungkinan bagi suatu pihak untuk gagal membayar beban keuangannya.
Istilah untuk menggambarkan sebuah posisi harga netral yang terbentuk dari volume jual dan beli yang sama (netral). Oleh karena itu, flat juga dikenal dengan sebutan ‘square’ atau seimbang.
Federal Open Market Committee - keuangan khusus dari bank sentral Amerika Serikat (AS) yang bertugas menentukan kebijakan suplai mata uang. Didirikan pada 1913, FOMC bertujuan membuat kebijakan moneter guna merespon kepanikan finansial dan perbankan ketika itu. Komite melakukan evaluasi terhadap kondisi ekonomi dan keuangan AS sebelum menentukan kebijakan moneter yang sesuai, termasuk di dalamnya mengelola suku bunga. Struktur kerja FOMC terdiri dari 12 anggota: 7 anggota berasal dari dewan gubernur the Fed dan Presiden the Fed regional New York serta 4 orang dari 11 presiden bank sentral regional (rotasi 1 tahun).
Mata uang asing yang diperjualbelikan secara simultan melalui jasa broker atau dealer. Foreign exchange diperdagangkan secara berpasangan, misalnya euro dan dollar AS (EUR/USD) atau poundsterling dan yen Jepang (GBP/JPY). Produk yang diperjualbelikan bukan berupa mata uang fisik, namun merupakan nilai tukar satu valuta terhadap mata uang lainnya.
Satuan Mata uang Swiss (kode:CHF).
Faktor ekonomi makro yang mempengaruhi pasar investasi.
Penelitian terhadap studi fundamental yang menggerakkan pasar. Trader dapat menggunakan analisa fundamental sebagai metode utama dibanding aspek teknikal. Studi fundamental antara lain dilakukan dengan memantau perkembangan data ekonomi terbaru, peristiwa ekonomi penting maupun kebijakan moneter suatu negara.
Sebuah perjanjian yang mengikat antara pembeli dan penjual untuk menerima atau menyerahkan komoditi tertentu dengan standar kualitas dan pengiriman bulan sesuai dengan aturan dan ketertiban yang ditetapkan oleh bursa, di mana penetapan sistem harga dilaksanakan melalui kecaman terbuka (lelang terbuka ) dan penyelesaian transaksi melalui lembaga kliring (clearing house).

G

G20 
Grup yang terdiri dari 20 negara perekonomian penting dunia, yaitu Argentina, Australia, Brazil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Republik Korea, Turki, Inggris dan Amerika Serikat (AS). Anggota resmi dari G20 adalah kepala bank sentral dan menteri keuangan dari negara-negara tersebut. Adapun perwakilan European Monetary Union adalah European Central Bank (ECB). G20 merupakan representasi dari dua per tiga populasi dunia yang memberi kontribusi transaksi perdagangan global lebih dari 80%.
Grup yang terdiri dari 7 negara industri besar, yakni: Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Prancis, Inggris, Kanada dan Italia.
Gross Domestic Product - Nilai akumulasi seluruh produksi barang dan jasa suatu negara. Pertumbuhan output setiap periode diartikan sebagai kenaikan hasil produksi tanpa menghitung tingkat inflasi pada periode tersebut.
Survei untuk mengetahui iklim bisnis terkini negara Jerman. Responden juga diminta memberi proyeksi bisnis untuk 6 bulan ke depan.
Istilah untuk mendeskripsikan integrasi antara ekonomi dan budaya yang berbeda melalui komunikasi, transportasi dan kebijakan ekonomi. Sifat saling ketergantungan antara negara perekonomian kian nyata karena ditunjang oleh kemajuan teknologi dan kebijakan ekonomi pemerintah yang terbuka bagi pihak luar.
Aksi membeli mata uang, komoditas atau saham untuk kepentingan investasi.
Aksi menjual mata uang, komoditas dan saham. Pihak penjual belum memiliki produk tersebut, namun aksi jual bisa tetap berlangsung didasari kemudahan untuk short-sell, yakni fasilitas untuk menjual suatu produk (yang belum dimiliki) terlebih dahulu.
Komoditas logam mulia yang digunakan sebagai bahan baku perhiasan, produk elektronik dan sebagainya. Emas adalah jenis logam mulia yang paling banyak dijadikan sarana investasi dan alat tukar pengganti uang. Investor membeli emas untuk meraih keuntungan dari peningkatan harga atau demi melindungi nilai (safe haven) simpanan dari inflasi maupun tekanan politik dan ekonomi. Pemodal juga bisa langsung berinvestasi dengan membeli emas berbentuk fisik berupa batangan, koin maupun perhiasan.

H

Gaya bahasa yang menggambarkan cara pandang atau proyeksi agresif terhadap peristiwa ekonomi tertentu. Istilah ini lazim digunakan ketika pejabat bank sentral memilih kenaikan suku bunga. Pejabat bank sentral disebut hawkish ketika mereka membuat pernyataan yang mengarah kepada kebijakan tersebut. Lawan arti dari Hawkish adalah Dovish.
Salah satu pola pergerakan pada grafik teknikal yang dikenal sebagai salah satu pola reversal paling akurat. Head and Shoulders diambil dari bentuk grafik yang menyerupai sebuah kepala dan dua buah bahu yang menunjukkan tiga level high terakhir. Bentuk kepala merupakan titik high tertinggi di antara dua high yang lebih rendah.
Kombinasi dari beberapa posisi berbeda yang diambil untuk meminimalisir resiko dibanding hanya masuk hanya pada sebuah posisi tertentu. Dalam penerapannya, investor akan mengambil beberapa posisi berlawanan pada pasar berbeda. Dengan demikian, keuntungan pasti lebih kecil dibanding jika investor mengambil satu posisi saja. Namun resiko kerugian dari suatu posisi juga berkurang karena diimbangi oleh keuntungan pada posisi lain. Hedge merupakan ‘asuransi’ ketika menghadapi situasi pasar yang tidak menentu.
Portofolio yang dikelola untuk menghasilkan imbal hasil tinggi dengan memakai strategi investasi agresif. Makna dari istilah hedge funds sangat bertolak belakang dengan arti harfiahnya. Hedge funds bertujuan memberi laba terbesar bagi investor. Dalam praktiknya, hedge funds meliputi produk perdagangan apa saja di pasar mata uang, mulai dari spot hingga futures dan swaps.
Tindakan dalam mengambil posisi dalam ukuran pasar berlawanan dengan posisi yang diselenggarakan di pasar fisik untuk tujuan risiko kerugian sebagai akibat dari perubahan harga yang tidak menguntungkan.
Suatu kondisi ketika level harga naik secara cepat karena nilai mata uang suatu negara turun. Fenomena ini lazim terjadi ketika kenaikan suplai uang tidak didukung oleh pertumbuhan GDP sehingga tingkat permintaan dan persediaan uang tidak seimbang. Ekonom biasanya menggunakan istilah hiperinflasi saat inflasi bulanan suatu negara sudah melampaui 50%.
Suatu data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang menghitung jumlah pembangunan rumah baru dan perizinan untuk mendirikan bangunan pada suatu periode tertentu. Housing starts and building permits adalah salah satu indikator yang dapat dijadikan tolok ukur pertumbuhan ekonomi. Terdapat korelasi antara housing starts and building permits dengan pergerakan produk di pasar. Saat housing starts naik, maka pasar obligasi lazimnya turun, saham naik dan dollar hanya sedikit terpengaruh. Sebaliknya ketika housing starts turun, maka pasar obligasi biasanya naik, saham turun dan dollar hanya sedikit sekali terpengaruh.

I


Survei bulanan yang dilakukan untuk mengukur kondisi bisnis perusahaan Jerman (manufaktur, konstruksi, grosir dan industri ritel) berikut dengan ekspektasi bisnis dalam enam bulan ke depan. Angka di atas 100 menunjukkan kondisi bisnis positif. Sebaliknya, angka di bawah 100 mengindikasikan sentimen negatif. IFO Busines Climate Index dipakai sebagai indikator ekonomi penting negara Jerman, yang memiliki kontribusi 25% terhadap GDP euro zone.
International Monetary Fund / Dana Moneter Internasional -- Organisasi yang membawahi 186 negara. Tujuan utamanya adalah melestarikan kerjasama moneter global, menjaga stabilitas keuangan, memfasilitasi perdagangan internasional, membuka lapangan kerja, memacu pertumbuhan ekonomi dan memberantas kemiskinan di seluruh dunia. IMF memantau kinerja sistem finansial negara anggota, khususnya yang memiliki dampak terhadap nilai tukar dan neraca pembayaran. IMF juga menawarkan pinjaman besar bagi negara miskin. Lembaga ini terbentuk pada bulan Juli 1944 pada forum UN Monetary and Financial Conference. Kebutuhan akan lembaga moneter global muncul ketika masa ‘Great Depression’. IMF dipimpin oleh seorang Direktur Pelaksana.
Segala barang dan jasa yang dibeli dari negara lain. Sebagai contoh, negara industri besar seperti Amerika Serikat dan Jepang lazimnya meng-impor minyak dari negara anggota OPEC karena tidak memiliki sumber daya sendiri. Istilah impor juga dipakai untuk menunjukkan nilai seluruh pengiriman barang dan jasa ke dalam suatu negara.
Salah satu data perekonomian Amerika Serikat (AS) yang dirilis setiap bulan oleh bank sentral. Dirancang untuk mengukur perubahan tingkat produksi di sektor industri, Industrial Production and Capacity Utilization (IPCU) dikategorikan ke dalam produk (barang konsumsi, peralatan bisnis, barang intermediate dan bahan baku) dan industri (manufaktur, mining dan utilitas).
Kenaikan harga-harga kebutuhan barang dan jasa selama jangka waktu tertentu. Inflasi terjadi ketika tingkat harga secara umum melonjak dan daya beli setiap unit mata uang melemah. Sebagai contoh, uang US$1 bisa digunakan untuk membeli 2 batang coklat pada tahun 2000. Namun pada tahun 2009, uang sejumlah itu hanya bisa ditukarkan dengan 1 batang coklat. Ekonom sepakat bahwa inflasi disebabkan oleh ketidakseimbangan antara pertumbuhan suplai uang dan ekspansi ekonomi. Alasan lain adalah kenaikan volume permintaan tanpa diimbangi oleh suplai memadai.
Sebuah data ekonomi Amerika Serikat yang menunjukkan perubahan di sektor tenaga kerja. Diterbitkan oleh Employment and Training Administration of the Department of Labor, Initial Job Claims dirilis pada hari Kamis setiap pekan. Laporan berisi informasi tentang jumlah pengangguran yang melaporkan diri pada pekan sebelumnya, yang berakhir pada hari Sabtu. Initial Jobless Claims memperlihatkan jumlah individu bukan pekerja yang mengajukan tunjangan sosial pada negara.
Uang tunai atau surat berharga kepada pelanggan yang disetorkan tergantung broker sebagai ukuran untuk pemenuhan kontrak pada saat membuka posisi baru. Dana sama disetorkan broker anggota kliring ke Kliring Organisasi atau Clearing House disebut Original Margin.
Nilai tukar valuta asing yang ditetapkan bank-bank besar internasional terhadap bank lainnya.
Peluang kerugian dari perubahan suku bunga.
Besaran imbal yang harus dibayar oleh peminjam (debitur) kepada pihak yang meminjamkan uang. Pemberlakuan Interest rates tertentu mengacu pada pertumbuhan investasi. Kenaikan rates merupakan upaya suatu negara untuk mendorong gairah investasi karena imbal hasil juga menjadi lebih tinggi. Dengan demikian, permintaan terhadap mata uang suatu negara turut meningkat. Ketika bank sentral mengubah interest rates, maka nilai tukar mata uang domestik terhadap valuta asing berubah pula. Pengertian interest rates berbeda dengan nominal rates. Nominal interest rates adalah imbal hasil murni tanpa penyesuaian dengan tingkat inflasi. Adapun interest rates riil adalah nominal rate dikurangi efek dari inflasi.
Aksi campur tangan bank sentral guna menstabilisasi nilai tukar valuta domestik.
Posisi terbuka yang ditutup pada sesi akhir perdagangan di hari yang sama.
Indeks yang didapat dari survei terhadap lebih dari 300 perusahaan manufaktur Amerika Serikat. Penyelenggara survei adalah Institute of Supply Management. Tujuannya adalah untuk memantau kinerja sektor tenaga kerja, inventaris produksi, jumlah pesanan baru dan pengiriman dari supplier. Dengan demikian, didapat kondisi manufaktur nasional secara umum pada suatu periode.

K

Kiwi 
Sebutan bagi mata uang dollar New Zealand atau Selandia Baru (kode:NZD)

Segala perhitungan statistik penting yang menunjukkan prediksi terhadap aktifitas ekonomi di masa depan.

L
Fasilitas yang diberikan oleh sebuah perusahaan investasi bagi nasabah untuk bertransaksi sejumlah produk valas. Nasabah hanya perlu menggunakan modal beberapa kali lipat lebih kecil untuk mengambil posisi beli atau jual suatu produk mata uang. Sebagai contoh, seorang nasabah ingin membeli 1 lot EUR/USD. Secara nominal, Ia memerlukan 100.000 mata uang untuk melakukan transaksi tersebut. Namun dengan fasilitas leverage, nasabah hanya harus mengeluarkan modal 1000 mata uang guna mengambil posisi beli 1 lot (kurs tetap).
Singkatan dari London Inter-Bank Offered Rate atau referensi suku bunga pinjaman antar bank. LIBOR lazim digunakan pada transaksi forwards, futures dan interest rate swap contracts. British Bankers Association adalah lembaga yang menentukan level LIBOR. Angka yang dirilis adalah perhitungan rata-rata suku bunga 16 bank multinasional hingga pukul 11 pagi GMT. Selain London, beberapa negara lain juga memiliki standar bunga sejenis seperti SIBOR (Singapore Interbank Offered Rate) dan PIBOR (Paris Interbank Offered Rate).
Menutup sebuah posisi dengan transaksi baru yang berlawanan.
Di pasar forex, likuiditas berarti kemampuan mata uang untuk diperjualbelikan tanpa menyebabkan perubahan nilai tukar secara signifikan. Sebuah pasangan mata uang dikatakan likuid jika mudah dijual maupun beli serta memiliki jumlah transaksi cukup besar.
Salah satu bagian dari grafik teknikal berbentuk lilin panjang yang menggambarkan pergerakan besar antara level pembukaan dan penutupan.
Posisi membeli suatu produk investasi.
Gaya trading investor yang memegang suatu posisi dalam jangka waktu lama, mulai dari beberapa pekan hingga hitungan tahun. Trader long-term kebanyakan berpedoman pada analisa fundamental dibanding perhitungan teknikal. Mereka mengandalkan proyeksi ekonomi di masa depan dan mengabaikan fluktuasi harga harian.
Satuan ukur untuk bertransaksi yang angkanya selalu bulat atau utuh.

M

MACD 
Singkatan dari Moving Average Convergence/Divergence. Sebuah indikator analisa teknikal yang ditemukan pada 1970-an. MACD menunjukkan perbedaan antara EMA (Exponential Moving Average). Moving average pada MACD adalah rata-rata harga pada waktu yang sudah ditetapkan.
Sejumlah dana yang harus dipertahankan dalam nasabah kepada broker anggota kliring broker saham atau oleh lembaga kliring untuk menjamin broker atau lembaga kliring yang bersangkutun untuk segala kerugian yang mungkin terjadi bagi kontrak terbuka. Margin bukan merupakan bagian pembayaran pembelian.
Peringatan bagi nasabah untuk segera menambah margin (dana) guna melanjutkan transaksi.
Perusahaan atau individu yang memberikan harga beli dan jual dari produk/instrumen keuangan atau komoditi, dengan harapan mendapatkan keuntungan dari perbedaan harga beli dan jual (bid dan offer).
Perintah untuk melakukan transaksi pada suatu level harga tertentu.
Resiko perubahan harga di pasar.
Tanggal atau tenggat waktu penyelesaian suatu beban obligasi/hutang.
Suatu masa dimana terjadi perubahan pada harga sebuah aset. Pada analisa teknikal, momentum tergambar pada lereng dari trendline, yang memperlihatkan pergerakan harga selama periode tertentu. Trader pada umumnya menggunakan momentum untuk mengetahui volume di pasar. Jika harga berubah cepat, maka besar peluang terjadinya aksi jual/beli aset oleh banyak trader untuk membalikkan arah harga. Nilai high atau low yang ekstrim merupakan pertanda bahwa suatu aset sudah terlampau jenuh jual atau jenuh tinggi.
Konsep pengelolaan dana yang harus dimiliki oleh investor. Banyak trader gagal karena tidak mempunyai perencanaan keuangan yang baik untuk dipatuhi. Supaya tidak kehilangan banyak uang, trader harus menyadari bahwa setiap sen dalam aktifitas transaksi adalah begitu berarti. Kunci dari pengelolaan dana yang baik adalah memahami jumlah penempatan dana dan tingkat kerugian yang mampu diterima dari suatu transaksi. Trader sebaiknya sadar bahwa mereka tidak sedang berjudi, sehingga potensi kerugian bisa dikurangi.
Jumlah keseluruhan mata uang yang beredar dalam perekonomian pada suatu periode tertentu. Suplai uang adalah faktor utama pengendali inflasi.
Salah satu indikator dasar dari analisa teknikal. Moving Averages adalah cara mudah untuk melihat perilaku harga keseluruhan dan dijadikan variabel acuan bagi indikator dan grafik teknikal yang lebih kompleks. Dua tipe MA yang paling popular adalah Simple Moving Average (SMA) dan Exponential Moving Average (EMA). Simple Moving Average (SMA) dihitung berdasarkan harga pasar rata-rata selama periode tertentu. Sementara perhitungan Exponential Moving Average (EMA) lebih rumit, mengambil perbedaan antara harga terkini dan EMA terdahulu.

N

Sebuah indikator ekonomi yang dirilis setiap bulan oleh United States Census Bureau. New Home Sales menunjukkan angka penjualan rumah baru yang dipetakan berdasarkan pembagian wilayah di Amerika Serikat. Laporan ini juga memperlihatkan persentase penjualan rumah dari bulan ke bulan dan informasi detil tentang harga jual, tahap konstruksi rumah yang dijual dan faktor lain-lain. New Home Sales adalah indikator kunci dari sektor perumahan, salah satu komponen inflasi penting.
Satuan mata uang negara New Zealand (kode:NZD)
Estimasi angka tenaga kerja dari seluruh sektor bisnis dan pemerintahan, kecuali pertanian. Di dalamnya tercantum rerata pengangguran, rata-rata jam kerja mingguan serta tingkat pendapatan setiap jam dan pekan. Nonfarm Payroll adalah salah satu komponen pada laporan situasi tenaga kerja bulanan Amerika Serikat.
Perhitungan jumlah produksi setiap jam. Semakin banyak hasil produksi, maka harga dari produk tersebut bisa semakin murah. Perekonomian yang bagus ditandai oleh produktifitas tinggi. Non-farm productivity adalah indikator kesehatan bisnis yang akurat.

O

Harga jual yang ditawarkan oleh pihak dealer.
Situasi ketika jumlah offer lebih besar dibanding bids.
Produk sumber daya alam yang lazim digunakan sebagai bahan bakar dan sumber tenaga bagi alat dengan komponen mesin. Secara harfiah, minyak juga identik dengan sebutan Bahan Bakar Minyak (BBM) atau bensin. Bursa utama yang memperdagangkan minyak adalah New York Mercantile Exchange (NYMEX) dan Intercontinental Exchange (ICE). Pihak yang mengawasi bursa adalah Financial Services Authority (FSA) di ICE, Inggris dan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) di NYMEX, Amerika Serikat (AS). Adapun satuan transaksi minyak adalah dollar per barel.
Pasar transaksi jual beli antara dealer dan suatu pihak melalui sambungan telepon serta jaringan komputer. OTC terlaksana di luar bursa yang terikat dengan aturan tertentu. Produk saham emiten kecil, obligasi dan instrumen lain yang tidak diperdagangkan di pasar regular bisa ditransaksikan di pasar OTC. Forex juga termasuk salah satu produk yang dapat ditransaksikan via OTC sehingga masa perdagangan riilnya adalah 24 jam setiap hari.
Suatu posisi yang tetap terbuka sampai sesi perdagangan hari berikutnya. Di antara pelaku pasar, overnight position dikenal dengan posisi ‘menginap’.

P

Parabolic SAR (short for Stop And Reverse) adalah algoritma prediktif pada analisa teknikal. Algoritma ini dirancang untuk menentukan level stop loss yang mengikuti tren bullish atau bearish kuat. Menurut penemunya, J. Welles Wilder, parabolic SAR hanya efektif bekerja pada pasar dengan tren kuat.
Kondisi saat nilai tukar dua mata uang yang berpasangan adalah sama atau 1 berbanding 1.
Jumlah kontrak kepemilikan apartemen, kondominium dan rumah tinggal yang sudah ditandatangani oleh pihak penjual dan pembeli. Data pending home sales dapat digunakan sebagai indikator kunci dari penjualan rumah di masa depan. Adapun kontrak yang sudah ditandatangani tidak dihitung sampai transasksi final tercapai. Data ini dirilis setiap bulan oleh National Association of Realtors.
Nama resmi dari Bank Sentral negara China.
Jumlah uang yang dihabiskan setiap individu untuk membeli produk barang dan jasa.
Sebuah laporan yang dibuat oleh Department of Commerce's Bureau of Economic Analysis berisi tentang perilaku pengeluaran konsumen dan tingkat pendapatan di Amerika Serikat. Personal income and spending diterbitkan pada hari pertama setiap bulan dan menyertakan data dua bulan terdahulu. Dengan menggunakan laporan sektor tenaga kerja, bisa didapat tingkat pendapatan warga dari arsip gaji. Trader biasa menggunakan data ini sebagai petunjuk atas potensi permintaan dan pengeluaran konsumen untuk berbagai sektor berbeda.
Sebutan bagi mata uang dollar yang digunakan sebagai satuan transaksi minyak dunia. Segala pembelian harus memakai valuta USD, sebagaimana diberlakukan oleh organisasi eksportir minyak dunia (OPEC).
Gabungan dari huruf depan negara-negara bagian selatan benua Eropa yang tergabung dalam euro zone, yaitu Portugal, Italia, Irlandia, Greece (Yunani) dan Spanyol. Istilah yang popular di masa 1990-an itu kembali popular selama krisis finansial tahun 2007-2010. Negara PIIGS memiliki defisit anggaran lebih besar dibanding anggota euro zone lainnya.
Istilah pada analisa teknikal yang menunjukkan titik perbalikan arah harga beserta support dan resistennya. Sebagian besar grafik dan tools analisa bertujuan untuk mengidentifikasi titik pivot tersebut. Mulai dari trendline breaks, wedge, triangle patterns hingga kalkulasi paling kompleks seperti Camarilla Equation atau Keltner Channels, semua dipakai untuk menemukan titik pivot yang akurat dan efektif dari suatu pergerakan harga aset. Pivot points dapat dikalkulasi memakai semua time frame (Monthly, Weekly, Daily dan sebagainya), meskipun time frame yang lazim digunakan adalah Daily charts. Pivot Point= (High (previous) + Low (previous) + Close (previous))/3 Resistance 1 (R1) = (2 x Pivot Point) – Low (previous period) Support 1 (S1) = (2 x Pivot Point) – High (previous period) Resistance 2 (R2) = (Pivot Point – Support 1) + Resistance 1 Support 2 (S2) = Pivot Point – (Resistance 1 – Support 1)
Resiko investasi bagi posisi trader yang datang dari kebijakan pemerintah.
Suatu gambaran bahwa semua pelaku pasar memiliki akses yang sama untuk mengetahui pergerakan harga.
Nilai dana murni yang diinvestasikan oleh suatu individu.
Laporan ekonomi bulanan yang dirilis oleh Bureau of Labor and Statistics Amerika Serikat. Data ini memperlihatkan info detil tentang harga pembelian berbagai produk konsumen. PPI diterbitkan pada pekan ke dua setiap bulan dan disertai data bulan terdahulu.
Keuntungan atau kerugian yang dialami dari aktifitas transaksi di pasar.
Faktor kejiwaan yang berperan sangat penting dalam aktifitas investasi trader. Faktor psikologis sama pentingnya dengan nilai uang yang ditanamkan. Tanpa adanya pola pikir yang patut, aktifitas trading bisa sangat mengintimidasi dan membingungkan. Untuk menjadi sukses, seorang trader harus mampu mengendalikan emosi, kuat terhadap godaan, tetap termotivasi dan konsisten.
Purchasing Manager Index (PMI) mengukur iklim bisnis pada sektor manufaktur dan jasa sebuah negara. PMI berguna untuk mengetahui perubahan volume belanja perusahaan. Sekitar 500 manajer pembelian diminta untuk menilai level iklim bisnis terkait dengan tenaga kerja, tingkat inventaris dan pesanan baru, produksi negara dan pengiriman dari supplier. Angka di atas 50 mengindikasikan pertumbuhan sektoral dan level di bawah 50 menandakan kontraksi bisnis.
Sebuah teori yang menyatakan bahwa nilai tukar mata uang antara dua negara seharusnya memiliki rasio yang sama dengan tingkat harga sekelompok barang konsumsi utama. Jika asumsi tersebut benar terjadi, maka nilai tukar dianggap mencapai titik keseimbangan.

Q

Konsep trading dari Quantitative Analysis adalah perilaku harga dengan menerapkan sistem matematika dan statistik yang kompleks, seraya menghitung nilai pasar dan melakukan penelitian lain.
Metode bank sentral untuk menambah suplai uang dengan cara mencetak uang baru dan membeli surat hutang pemerintah. Mekanisme kebijakan QE adalah sebagai berikut: 1. Bank sentral merencanakan cetak uang dan menggunakannya untuk membeli obligasi pemerintah di pasar. 2. Dengan demikian, suplai obligasi pemerintah berkurang di pasar sehingga harganya naik. Artinya besaran imbal hasil (yield) menjadi berkurang pula. 3. Bank yang menjual obligasi kepada pemerintah kini memiliki dana pinjaman lebih banyak. Mengingat bunga obligasi sudah turun, bank juga bisa menurunkan bunga pinjaman dan tetap melaba. Bunga lebih rendah dapat menarik minat konsumen dan pelaku bisnis untuk mengajukan pinjaman. Dengan begitu, korelasi tersebut bisa meningkatkan aktifitas di pasar kredit dan perekonomian negara.
Informasi harga dari suatu produk investasi.

R

Kenaikan harga setelah melewati masa penurunan.
Perbedaan antra harga tertinggi dan harga terrendah dari suatu komoditi selama waktu tertentu.
Nilai tukar suatu mata uang terhadap mata uang lainnya.
Salah satu tools analisa teknikal untuk menunjukkan perubahan dari daya tahan harga (menentukan kondisi jenuh jual atau jenuh beli). RSI termasuk indikator oscillator.
Definisi media tentang resesi adalah suatu fenomena saat angka Produk Domestik Bruto (GDP) turun dalam 2 kuartal berturut-turut atau lebih. Namun jika mengacu pada asumsi tersebut, sulit menentukan apakah suatu negara sedang dilanda resesi atau tidak. Mengingat definisi tersebut tidak menyertakan indikator makroekonomi seperti angka pengangguran. Adapun kalangan ekonom berpendapat bahwa faktor terkait seperti produksi industri, kepercayaan konsumen dan penambahan kapasitas harus disertakan dalam menentukan resesi. Penurunan pada indikator-indikator tersebut bisa mengkonfirmasi bahwa resesi memang sedang terjadi. Kunci utama yang patut diperhatikan adalah angka GDP, sementara variabel makroekonomi lain berperan sebagai pendukung.
Suatu level di atas harga terkini yang ditetapkan sebagai target dari pergerakan naik di masa depan dan level tahanan. Resisten juga diartikan sebagai level jual dari suatu produk.
Estimasi total penjualan semua barang yang dibuat di suatu negara (tidak termasuk produk jasa) pada satu bulan. Data disajikan dalam bentuk persentase nominal dan jumlah dalam satuan mata uang artinya pengelolaan data tidak disesuaikan dengan tingkat inflasi. Namun data disesuaikan dengan hari libur, musim dan perbedaan hari trading antar bulan setiap tahun. Retail sales menyajikan data spesifik tentang nilai pengeluaran yang dihabiskan konsumen untuk membeli produk industri dan komoditas. Dengan berkaca pada data tersebut, pelaku pasar bisa menilai perkembangan tingkat konsumsi masyarakat suatu negara.
Kenaikan harga akibat pengaruh dari kebijakan bank sentral. Pada mata uang berarti kenaikan nilai mata uang suatu negara yang dikaitkan dengan mata uang asing.
Peluang terjadinya sebuah dampak negatif bagi suatu objek.
Cara dan kemampuan untuk membatasi dan menghilangkan berbagai jenis resiko keuangan.
Bunga yang dibayar atau didapat oleh trader dari cara memegang posisi selama satu malam.
Satuan Mata uang Indonesia (kode:IDR).

S

Instrumen yang menunjukkan kepemilikan parsial dari aset dan laba sebuah perusahaan publik. Pemilik saham berhak atas keuntungan usaha sesuai dengan jumlah kepemilikan saham. Saham dapat diperjualbelikan di pasar saham seperti New York Stock Exchange, Bursa Efek Indonesia.
Strategi jangka pendek dengan trading sebanyak mungkin pada satu hari (belasan hingga ratusan) dengan tujuan meraih keuntungan kecil dari setiap posisi. Caranya adalah dengan memanfaatkan spread bid-ask. Meski relatif menguntungkan, scalping membutuhkan modal lebih besar. Leverage berguna untuk memperbesar profit dari dari pergerakan harga kecil.
Hasil analisa berdasarkan identifikasi pola pergerakan secara objektif. Prinsipnya adalah saat pelaku pasar terpaku di satu arah, maka itu adalah sinyal bahwa perubahan segera terjadi. Trader yang menggunakan sentiment analysis mencari tahu apa yang sedang dibicarakan oleh investor dan bagaimana mereka bereaksi. Caranya antara lain dengan melakukan survey berisi pertanyaan tentang proyeksi pasar di masa depan. Trader kemudian memilih aksi berlawanan dengan apa yang dikatakan oleh mayoritas responden
Harga resmi yang ditetapakan oleh bursa pada saat penutupan perdagangan setiap hari akan digunakan sebagai harga patokan bgi penyelesaian keuangan pada hari dan harga limit untuk hari perdagangan berikutnya.
Posisi jual.
Surat hutang atau obligasi yang dikeluarkan oleh suatu negara dalam mata uang asing untuk membiayai perekonomian. Sovereign debt biasanya merupakan investasi yang lebih beresiko bila dikeluarkan oleh negara berkembang dibandingkan oleh negara maju. Stabilitas pemerintahan menjadi faktor penting untuk menilai resiko investasi pada surat hutang negara tersebut dan peringkat hutang sangat membantu investor untuk mempertimbangkan resikonya.
Investasi pada produk keuangan dengan mengharapkan laba dari apresiasi atau depresiasi harga selama periode tertentu. Secara istilah, dapat diartikan bahwa pihak spekulator mencari cara untuk ‘buy low and sell high’ atau ‘sell high and buy back at a lower price’. Di pasar forex, trader ritel berspekulasi saat ingin meraih keuntungan dari penguatan kurs mata uang terhadap mata uang lainnya.
Harga acuan saat ini bila ingin membeli atau menjual suatu produk investasi di pasar.
Suatu periode ketika suatu perekonomian tidak mengalami pertumbuhan tapi inflasi tinggi. Stagflasi terbentuk saat tingkat pengangguran meningkat dan produksi bisnis menurun, sementara harga barang dan jasa lebih tinggi. Stagflasi berdampak besar terhadap nilai mata uang. Bank sentral tidak memiliki banyak ruang untuk menaikkan suku bunga karena hal itu tidak akan cukup memerangi kenaikan harga-harga. Ketika lonjakan harga tidak proporsional dengan tingkat suku bunga, maka nilai tukar mata uang terdepresiasi dan daya beli konsumen turun. Pasar valuta asing melihat stagflasi sebagai pengaruh negatif terhadap mata uang domestik.
Sebutan pasar bagi poundsterling Inggris (kode:GBP)
Sebuah indikator analisa teknikal yang memperbandingkan harga penutupan dengan harga terendah dan tertinggi pada periode tertentu. Stochastic dihitung dengan mengambil harga low terendah dan harga high tertinggi pada beberapa periode trading terdahulu (biasanya sebanyak 14 harga). Perbedaan antara harga penutupan terkini dan low terendah dipisahkan oleh perbedaan antara high tertinggi dan low terendah, hasilnya kemudian dikalikan 100. Stochastic digunakan untuk mengetahui apakah sebuah pergerakan sudah terlampau jenuh (overbought atau oversold). Berdasarkan prinsip teknikal, saat stochastic oscillator naik melampaui 80% maka harga sudah overbought. Sedangkan ketika oscillator jatuh ke bawah 20% maka harga sudah oversold. Stochastics dikenal sebagai penentu sinyal jual dan beli terkuat dibanding indikator lain.
Instrumen yang menunjukkan kepemilikan parsial dari aset dan laba sebuah perusahaan publik. Pemilik saham berhak atas keuntungan usaha sesuai dengan jumlah kepemilikan saham. Saham dapat diperjualbelikan di pasar saham seperti New York Stock Exchange, Bursa Efek Indonesia.
Sebutan pelaku pasar bagi mata uang krona Swedia.
Individu yang melakukan riset untuk membuat prediksi mengenai pergerakan harga suatu instrumen dengan mengindentifikasi dan memonitor faktor-faktor penggerak dari suatu pasar.
Suplai merupakan jumlah barang atau aset yang tersedia. Adapun permintaan adalah jumlah aset atau barang yang yang ingin dibeli konsumen. Ketika suplai naik, maka harga akan turun. Sebaliknya, saat suplai turun, maka harga naik.
Level harga dimana aksi beli diperkirakan terjadi (Tahanan Bawah - kebalikan dari resistance)
Kelebihan jumlah pemasukan pada neraca perdagangan, neraca pembayaran atau anggaran pemerintah.

T

Survei tentang kondisi bisnis yang diselenggarakan oleh Bank Sentral Jepang. Hasil Tankan digunakan sebagai acuan dalam formula penentuan kebijakan moneter. Laporan dirilis sebanyak empat kali setiap tahun; bulan April, Juli, Oktober dan pertengahan Desember. Survei meliputi ribuan perusahaan Jepang yang memiliki cadangan modal minimum. Perusahaan memberi penilaian tentang kondisi bisnis dan sektoral, berikut dengan proyeksi aktifitas bisnis untuk kuartal dan tahun selanjutnya.
Analisa Teknikal adalah suatu sistem untuk meningkatkan kemampuan trading. Dengan mencermati data nilai tukar atau harga dalam suatu periode, analis dapat mencari tahu kemungkinan tren yang akan terjadi di masa depan. Analisa teknikal meliputi penggunaan garfik dan indikator tertentu untuk mengidentifikasi pola atau tren di pasar. Meskipun analisa teknikal terkait erat dengan aspek fundamental, fokus pengamatannya lebih kepada dampak dari pergerakan harga dibanding penyebabnya. Investor yang menggunakan strategi ini terlebih dahulu melihat dinamika harga di masa lampau untuk memperkirakan kondisi di masa datang.
Singkatan dari Tokyo Inter-Bank Offered Rate atau referensi suku bunga pinjaman antar bank di Jepang.
Jumlah selisih antara nilai impor dan ekspor atas produk barang riil dan jasa suatu negara. Jika jumlah ekspor lebih besar dibanding impor (surplus), maka neraca perdagangan dipandang positif. Namun jika total impor lebih besar dibanding ekspor (defisit), maka neraca perdagangan termasuk dalam kategori negatif. Kinerja ekspor dapat dijadikan petunjuk tentang tren inflasi dan investasi asing di masa depan, selain memberi sinyal perilaku mata uang di pasar valas. Trade balance dibagi menjadi tiga komponen: 1. Harga produk di suatu negara 2. Pungutan pajak dan tarif bagi produk ekspor maupun impor 3. Nilai tukar antara dua mata uang
Sebutan bagi obligasi jangka pendek pemerintah Amerika Serikat yang diterbitkan untuk periode satu tahun atau kurang. Treasury bills tidak mengenal imbal hasil namun bisa dimiliki dengan harga diskon (dari harga dasarnya). Pada masa jatuh tempo, investor treasury bills mendapat pembayaran sesuai nilai dasar obligasi tersebut
Obligasi pemerintah Amerika Serikat dengan maturitas 10 tahun atau lebih.
Obligasi pemerintah Amerika Serikat dengan maturitas lebih dari 1 tahun dan kurang dari 10 tahun.
Garis tren yang dibuat secara pararel dimana harga bergerak di antara kedua garis pararel tersebut.

U

Persentase jumlah usia produktif suatu negara yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Angka rata-rata dicapai dari rasio antara warga tanpa pekerjaan dengan total jumlah warga yang masih produktif. Jika angka rata-rata pengangguran lebih rendah dibanding perkiraan, maka mata uang akan terapresiasi. Mengingat kondisi tersebut bisa mendorong bank sentral untuk menaikkan suku bunga. Dan sebaliknya.

V

Tingkat ketidakpastian atau resiko terjadinya perubahan suatu harga. Volatilitas lebih tinggi berarti bahwa harga suatu produk dapat bergerak dalam kisaran lebih besar. Dapat diartikan bahwa harga bisa berubah dramatis ke dua arah dalam jangka waktu pendek. Adapun volatilitas rendah menunjukkan bahwa harga tidak berubah dramatis selama jangka waktu tertentu.


W

Organisasi gabungan lembaga finansial global utama yang dibentuk untuk membantu 187 negara anggota. Pada awalnya, Bank Dunia didirikan guna menolong negara Eropa barat yang hancur akibat Perang Dunia II. Seiring perkembangannya, fungsi Bank Dunia makin luas hingga termasuk memerangi kemiskinan yang dialami negara anggota dengan cara memberi nasihat keuangan, pinjaman dan penelitian.


X

Istilah untuk mata uang yang diperdagangkan di luar wilayah negara asal. ‘Xeno’ adalah istilah yang sama dengan ‘asing’ atau ‘luar’.

Y

Yard 
Istilah slang keuangan untuk bilangan 1 miliar. Contoh 1 miliar dollar AS disebut 1 yard dollar AS.
Satuan mata uang negara Jepang (kode:JPY).

Z

Indikator perekonomian penting yang didapat dari survei Centre for European Economic Research (ZEW), sebuah lembaga peneliti independen yang berpusat di Mannheim, Jerman. Wawancara dilakukan terhadap investor dan analis. Survei tersebut berisi pertanyaan tentang proyeksi ekonomi negara untuk 6 bulan ke depan. Angka di atas 0.0 mengindikasikan optimisme dan hasil di bawah 0.0 menunjukkan pesimisme.


 
Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam blogspot kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blogspot kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.