Rabu, 07 Juni 2017

Investor Buru Instrumen Safe Haven, Harga Emas Melambung

RIFAN FINANCINDO - Harga emas menyentuh level tertinggi dalam tujuh pekan pada perdagangan Selasa jelang pemilu Inggris dan pertemuan Bank Sentral Eropa. Selain itu, rencana kesaksian mantan Direktur FBI James Comey kepada Senat untuk pertama kalinya hari Kamis nanti juga menjadi sentimen pendorong kenaikan harga emas.

Mengutip Reuters, Rabu (7/6/2017), harga emas di pasar spot naik 0,8 persen menjadi US$ 1.289,20 per ounce. Sebelumnya, harga emas sempat mencapai US$ 1,289.67 per ounce, level tertingginya sejak 19 April. Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,7 persen menjadi US$ 1,291,8 per ounce.

Beberapa peristiwa yang akan terjadi pada pekan ini membuat para pelaku pasar mengarahkan investasi ke instrumen safe haven. Alasannya, terjadi ketidakpastian ekonomi dan politik yang mengharuskan investor untuk melindungi investasi.

"Tentu saja harga emas akan sangat tergantung dengan dolar AS. Namun ada beberapa risiko dalam waktu dekat ini seperti pemilu Inggris, keputusan suku bunga Bank Sentral AS dan juga pernyataan James Comey," jelas analis Senior Oanda, Jeffrey Halley.

Sejauh ini, hasil jajak pendapat di Inggris memperlihatkan bahwa Perdana Menteri Theresa May sedikit unggul jika dibanding lawannya. Jika memang hasil pemilu Inggris menyatakan May menang maka akan sedikit meredam gejolak karena akan mengurangi ketakutan geopolitik.

Sementara kebijakan Bank Sentral Eropa juga akan sangat mempengaruhi harga emas. Beberapa waktu lalu salah satu pejabat Bank Sentral Eropa sempat mengeluarkan pernyataan bahwa akan meningkatkan stimulus. Hal tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut dan mengurangi ketidakpastian di sektor ekonomi.

Sedangkan dari AS, kesaksian Comey akan sangat mempengaruhi rencana kebijakan-kebijakan Presiden AS Donald Trump untuk melakukan reformasi ekonomi. Comey dianggap mengetahui mengenai keterlibatan Rusia dalam pemilu AS pada 2016 kemarin. ( liputan6.com )


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam blogspot kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blogspot kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.