Senin, 15 Februari 2016

Minyak Kembali Bergerak Menurun Seiring Muatan Kargo Iran ke Eropa


RIFAN FINANCINDO BERJANGKA - Minyak kembali bergerak menurun di bawah level $ 30 per barel seiring muatan kargo Iran untuk pertama kalinya ke Eropa sejak sanksi internasional berakhir.

Kontrak berjangka turun 1,7 % di New York setelah Jumat lalu melonjak 12 %, sementara minyak jenis Brent di London merosot 2,1 %. Sebuah kapal tanker untuk Perancis Total SA sedang dimuat pada hari Minggu di Pulau Kharg sementara kapal charter untuk perusahaan China dan Spanyol juga tiba pada hari yang sama, kata seorang pejabat kementerian minyak Iran. Pengebor rig AS untuk pekan kedelapan menurun di tengah melimpahnya stok minyak mentah AS, menurut data dari Baker Hughes Inc.

Harga minyak turun sekitar 22 % pada tahun ini di tengah prospek peningkatan ekspor Iran dan BP Plc memprediksi pasar akan tetap "sulit dan bergejolak" di semester pertama sesuai dengan surplus 1 juta barel per hari. Posisi jangka panjang spekulan di minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) pada 9 Februari meningkat ke level tertinggi sejak Juni lalu, menurut data dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi AS.

WTI untuk pengiriman Maret turun 49 sen ke level $ 28,95 per barel di New York Mercantile Exchange dan berada di level $ 29,08 pada pukul 09:19 pagi waktu Hong Kong. Kontrak tersebut naik US $ 3,23 menjadi ditutup pada level $ 29,44 pada hari Jumat setelah sebelumnya merosot 19 % dalam 6 sesi terakhir. Total volume perdagangan sekitar 11 % di bawah rata-rata 100-hari. Harga minyak turun 4,7 % pada pekan lalu.

Brent untuk pengiriman April merosot 69 sen atau 2,1 %, ke level $ 32,67 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Kontrak naik $ 3,30 menjadi ditutup pada level $ 33,36 pada hari Jumat. Minyak mentah acuan Eropa dengan premi sebesar $ 1,46 dibandingkan minyak mentah WTI di bulan April. (knc)

Sumber : Bloomberg

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam blogspot kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blogspot kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.