Selasa, 30 Mei 2017

Jokowi Dorong Investment Grade Genjot Sektor Riil

RIFAN FINANCINDO - Presiden Joko Widodo ingin status layak investasi, dari tiga lembaga pemeringkat internasional yang sudah disandang Indonesia, dapat mendorong sektor riil untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

Presiden Jokowi menyatakan hal tersebut saat membuka Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Senin, 29 Mei 2017. Tiga topik dibahas dalam sidang kali ini. Mereka adalah persiapan menghadapi Idulfitri 1438 H/2017 M, pemantauan harga-harga bahan pokok, dan menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

Jokowi mengatakan Indonesia harus menindaklanjuti pemberian status investment grade dari Standard & Poor’s (S&P) dengan cara menggenjot sektor rill guna menyokong ekonomi Indonesia.

“Saya minta agar ada tindak lanjut sehingga efek positif itu tidak hanya dinikmati pada investasi di portofolio, di saham, tetapi efek positif yang juga bisa mendorong sektor riil untuk menumbuhkan perekonomian kita,” kata Presiden Joko Widodo, Senin, 29 Mei 2017.

Pada 19 Mei 2017, S&P menaikkan sovereign credit rating Indonesia dari BB+ menjadi BBB- dengan outlook stabil. Dengan begitu, status layak investasi (investment grade) telah disandang Indonesia dari tiga lembaga pemeringkat internasional, yakni S&P, Fitch Ratings, dan Moody’s.

Jokowi menuturkan, status layak investasi yang sudah diraih Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia mampu mengelola ekonomi dengan baik, dari sisi fiskal dan moneter. Maka, langkah selanjutnya yakni mendorong status layak investasi ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku sektor rill dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat.

“Tetapi yang paling penting adalah bagaimana mendorong efek positif dari investment grade ini betul-betul bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat, sehingga tadi saya sampaikan agar ini didorong oleh kementerian terkait agar sektor riil juga ikut bergerak,” ujar Jokowi.

Peringkat layak investasi yang sudah diraih Indonesia diprediksi sejumlah analis dapat memacu arus modal masuk ke Indonesia. Presiden mengingatkan ganjalan terhadap arus modal masuk harus segera diperbaiki, salah satunya prosedur perizinan. Kepala Negara meminta prosedur perizinan disederhanakan.

“Ini betul-betul dilihat lebih rinci lagi agar perizinan yang menghambat itu betul-betul bisa disederhanakan sehingga harus masuk investasi yang ada betul-betul tidak terganggu oleh karena kerumitan di bidang perizinan,” kata Presiden Jokowi. ( tempo.co )


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam blogspot kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blogspot kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.