Selasa, 18 Juli 2017

OJK dan ITB Jalin Kerja Sama Tingkatkan Literasi Keuangan

RIFAN FINANCINDO - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjalin kerja sama dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) dalam rangka program peningkatan literasi dan inklusi keuangan. Surat Pernyataan Bersama kerjasama tersebut ditandatangani Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Agus Sugiarto dan Dekan SBM ITB Sudarso K. Wiryono di Kampus SBM ITB Bandung, Senin.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Kusumaningtuti S. Soetiono dalam kesempatan itu mengatakan bahwa ruang lingkup kerja sama antara OJK dengan SBM ITB meliputi beberapa hal yaitu Rencana pembentukan Pusat Riset Literasi dan Inklusi Keuangan (PRLIK), penyelenggaraan kuliah umum secara reguler.

Ditambah pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) dan  pelaksanaan Kajian Literasi dan Inklusi Keuangan serta Outreach program melalui Training of Trainers tematik bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata serta Training of Communities perencanaan keuangan bagi masyarakat. "Sebagai langkah awal, dalam waktu dekat OJK dan SBM ITB akan meresmikan Pusat Riset Literasi dan Inklusi Keuangan (PRLIK)," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Keberadaan PRLIK diharapkan dapat menjadi ruang bagi para civitas akademika untuk berkontribusi dalam peningkatan literasi dan inklusi keuangan melalui kegiatan penelitian dan kajian ilmiah.

Dengan kerja sama dan implementasi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, diharapkan partisipasi dan dukungan civitas akademika akan semakin besar dalam mendukung terwujudnya kebijakan dan program kerja OJK yang lebih spesifik, tepat sasaran dan memiliki multiplier effect bagi kesejahteraan masyarakat dalam rangka peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

Sebagai implementasi penandatanganan SPB antara Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan dan Dekan SBM ITB akan dilaksanakan Diskusi Terbatas tentang Peran Literasi dan Inklusi Keuangan bagi Mahasiswa dengan narasumber Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen yang akan dihadiri oleh dosen serta mahasiswa S-3 SBM ITB.

"Ke depan, OJK akan terus mendorong terbentuknya PRLIK di berbagai Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta maupun bekerjasama dengan pihak ketiga lainnya," ungkap Titu.

Dengan semakin bertambahnya PRLIK diberbagai daerah di Indonesia maka diharapkan dapat mendorong peningkatan literasi dan akses keuangan masyarakat. Selain SBM ITB, sebelumnya juga telah melakukan kerjasama serupa dengan Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Trisakti. 

( sindonews.com )

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam blogspot kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blogspot kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.