Jumat, 14 Desember 2018

PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA - Serupa dengan Bumi, Merkurius Juga Miliki Aktivitas Tektonik




PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA - Bumi memang dikenal sebagai satu-satunya planet di Tata Surya yang memiliki aktivitas tektonik.

Sementara, planet lain hanya aktif secara geologis, tak lebih dari itu. Justru, temuan terbaru dari para peneliti dari Smithsonian Institute memberikan informasi berbeda.

Berdasarkan citra beresolusi tinggi dari pesawat luar angkasa NASA, Messenger, diketahui bahwa Merkurius ternyata masih aktif secara tektonik.

Hal itu didasarkan pada temuan sesar yang masih relatif muda di planet tersebut.

Kondisi itu merupakan indikator kuat Merkurius masih menyusut sejalan dengan mendinginnya inti planet.

Sebab, banyak yang mengganggap permukaan Merkurius sudah mati sejak miliaran tahun lalu.

Messenger juga masih menangkap adanya tanda medan magnet. Informasi itu menjadi dasar untuk menandakan sebuah planet, setidaknya memiliki beberapa inti cair dan bisa disebut masih aktif.

Namun, bukan berarti planet tersebut serta merta memiliki kondisi serupa Bumi.

Mengutip informasi dari laman Engadget, Jumat (13/12/2018), tidak ada lempeng teknonik yang bergerak di Merkurius, sehingga tak akan ditemukan benua atau kondisi mirip Bumi.

Merkurius sendiri merupakan planet yang posisinya berada dekat dengan Bumi dan Matahari. Hanya, ukurannya lebih kecil jika dibandingkan Bumi. Karena itu, manusia di Bumi dapat sekilas melihat planet tersebut ketika transit di Matahari.

Sayangnya, manusia tak sampai dapat melihat dengan jelas seperti apa permukaan Merkurius. Saat peristiwa itu terjadi, manusia hanya menyaksikan planet tersebut dalam bentuk titk hitam kecil ketika 'menyeberangi' lingkaran cahaya Matahari.


Sumber : www.liputan6.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam blogspot kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari blogspot kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.